Jauhmu dan Jauhku - Kumpulan Cerpen

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


Jauhmu dan Jauhku

Karya : Reni Wulandari 


Hai namaku Agnes Viantari ,orang asli Lampung . Sekarang aku sedang menikmati hembusan angin malam dibalkon rumahku ditemani dengan si pink,hahahh buku harianku  yang merupakan saksi bisu  semua kejadian yang  pernah  aku alami dan  semuanya  tercatat cantik dibuku ini salah satunya yaitu hubungan asmaraku dengan Doni Mahardika, ah pemuda yang  sangat keren dalam menyanggah pendapat para penjabat negara mengenai kenaikan harga BBM yang meresahkan rakyat menengah kebawah . Awal kami bertemu dalam sebuah acara perkumpulan BEM di seluruh Universitas  yang ada di Indonesia ,saat itu dia tepat duduk didepanku dan sedang berbincang dengan presiden mahasiswa universitas tempatku kuliah,caranya berbicara ,sopan santun,dan tatapan mata yang tajam sangat menggetarkan jantung ku .Namun aku harus menelan pil pahit saat mengetahui bahwa aku dan dia berbeda agama ,akankah aku akan patah dalam cerita yang sama sekali belum aku mulai. Perbedaan antara kami memang tidak bisa disatukan dia mencintai aku tapi cintanya pada Tuhannya lebih besar. Tanpa sengaja air mata membasahi pipiku saat otak ini menarikku pada kejadian dia mengungkapkan cintanya didepan teman-temanku ,sangat manis dan mengesankan dan akhirnya kami menjalani hubungan kasih beda agama ,menjadi kekasihnya merupakan anugrah terindah yang telah Tuhan berikan kepada ku ,banyak hal-hal manis yang telah kami lewati bersama mulai dari berpetualangan , camping,rapat BEM karena dia merupakan Presiden Mahasiswa dan aku merupakan Sekretaris Umum di Universitas kami masing-masing . Kami menjalani hubungan ini hampir 5 tahun dengan penghalang tembok besar antara aku dan dia ,padahal kami sendiri tahu bahwa hubungan kami akan berakhir seperti apa .Aku pernah bertanya padanya bagaimana hubungan ini pada akhirnya ,dia hanya menjawab antara terus atau putus  .Hubungan yang semu bukan, tapi aku dan dia tetap menjalani hubungan yang entah akan berakhir seperti apa .Walaupun kami sibuk dengan urusan kami masing-masing tapi kami tetap menjaga  komunikasi hubungan ini dengan baik .Hingga pada akhirnya kami mencapai puncak tertinggi ujian dalam sebuah hubungan kekasih yaitu perjodohan yang dilakukan oleh orang tua Doni ,aku sempat ingin menyerah dengan hubungan beda agama namun Doni selalu hadir dia berkata ‘hubungan ini kita yang menjalani Nes bukan ibuku maupun ayahku “ 

“Terus sampai kapan kita akan seperti ini terus hubungan tanpa kejelasan “Ucapnya 

‘’Hubungan ini jelas Nes ,antara aku dan kamu “ bentaknya .

Nyaliku menciut mendengar bentakan dari Doni ,selama menjalani hubungan dengannya dia selalu bersikap lembut dan manis tapi kali ini berbeda .

“Nes Maafkan aku “ dia memegang pundakku namun langsung aku tepis kemudian dia mengehembuskan nafasnya “Hubungan ini sudah kita jalani 4 tahun Agnes ,aku dan kamu sedang berjuang meruntuhkan tembok besar itu ,jadi tolong jangan menyerah terus berdoa semoga ada jalan dalam hubungan ini untuk kita bersatu”.

“Sampaikan kapan kita terus bersabar dan pada ujungnya kita akan berpisah Don,karena aku mencintai Tuhanku begitupun kamu mencintai Tuhanmu  “Ucapku dengan suara yang bergetar . Dia diam tidak bisa menjawab pertanyaan yang aku lontarkan. 

“Jadi apa yang kamu inginkan ,berpisah ?”ucapnya 

(Mataku melotot mendengar ucapannya ).Detik itu juga aku berlari setelah mengucapkan satu kata yang sebenarnya sangat berat untuk ku ucapkan.Dan pada akhirnya aku dan dia sangat jauh ,bagaimana disaat aku berdoa dan dia berpayung teduh dan bagaimana caranya istiqlal bisa bersanding dengan Caterdal . Gerimis malam itu menjadi saksi dimana aku memutuskan hubungan dengan lelaki yang aku cintai setelah papaku . Tiba-tiba wangi harum parfum maskulin menyeruak ke indra pendengaranku ,aku menoleh ternyata dia suamiku Edgar Mahendra yang baru selesai mandi ,”mikiran apa saying “tanyanya

(aku pun menggeleng ) “Tidak memikirkan apa-apa “Bohongku . “Sudah malah saying lebih baik kita tidur ,angin malam ini bisa membuat kamu sakit “.Aku membenarkan ucapannya akhirnya aku dan dia pergi ke kamar . Aku belom tau apakah aku sudah mencintai suamiku ,aku tau ini salah sejak 4 tahun lalu perasaanku dengan Doni tidak pernah berubah tapi aku harus membuka hati untuk suamiku yang dengan tulus mencintai aku .Aku pernah bertanya padanya bagaimana jika aku belom selesai dengan masa laluku dia pun menjawab akan ku tunggu kamu sampai membuka hatimu untukku .Pernikahan kami sudah berjalan selama 3 bulan ,aku mulai merasa nyaman dengannya .Dia selalu mengerti keadaanku ,menelvon ku saat aku tidak kunjung pulang dari kantor ,sungguh perhatian yang sangat luar biasa dan sekarang aku akan coba belajar untuk mencintai dan menerima suamiku . Singkat cerita aku mulai benar-benar jatuh hati sejatuh-jatuhnya pada sosok pengacara handal Edgar Mahendra yang sudah menyingkirkan posisi Doni dalam hatiku . Biarlah hubungan aku dan Doni dimasa lalu menjadi cerita indah kita masing-masing. Dan sekarang kami semua sudah bahagia bersama keluarga kami masing-masing. Aku pernah mencari informasi tentang Doni ,dan hebatnya dia sekerang merupakan seorang Manager perusahan tekstil di Ibu kota dan dia sudah menikah sebulan sebelum aku menikah . Aku tidak tahu apakah dia sudah meluapakan aku atau belom ,tapi yang ku tahu dia sangat bahagia dengan keluarganya sekarang ,begitupun dengan aku . Dari cerita pendek tersebut kita bisa belajar bahwa kita sebagai manusia biasa tidak bisa memaksakan segalanya ,semua sudah diatur oleh sang pemilik cinta ,karena kita tahu bahwa saat menurut kita dia baik belum tentu menurut Tuhan kita dia terbaik untuk kita .Untuk kalian yang masih memiliki hubungan beda agama dengan kekasih aku hanya ingin menyampaikan semoga hubungan kalian berakhir dengan indah tanpa adanya air mata .


"


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.