BIG MICHAEL - Kumpulan Cerpen

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


BIG MICHAEL


Suatu hari, ada seorang anak remaja yang bernama Michael, ia termasuk orang keturunan Afrika yang tinggal di New York city, Amerika Serikat. Michael adalah anak yatim dan ibunya masih ada tetapi entah kemana, ia memiliki badan yang tinggi dan besar, Michael termasuk orang yang bodoh tetapi ia berbakat dalam bidang olahraga.

Malam harinya, ia berjalan-jalan ditaman dan ia selalu bersedih karena ia selalu memikirkan ibunya yang entah kemana ia ingin sekali bertemu ibunya sekali saja. Lalu Michael bertemu dengan wanita yang sedang membawa anaknya, wanita itu bernama Cristine. Cristine merasa kasihan terhadap michael karena saat itu turun hujan,Cristine langsung mendatangi michael yang sedang kehujanan. Dan Cristine bertanya kepada Michael “Siapa namamu?” tanya dia kepada Michael. “Michael.” Jawabnya, Cristine tanya lagi “Dimana orang tuamu?” Michael menjawab “Tidak tahu, saya tidak tahu dimana orang tuaku.” Karena merasa kasihan Cristine langsung mengantarkan Michael ke rumah Cristine dan menginap beberapa hari. Cristine menyuruh Michael untuk tidur di sofa yang lumayan besar untuk badan sebesar Michael, ia memberi selimut dan bantal kepada Michael yang sedang mengantuk.

Pagi haripun tiba, Cristine Merasa kaget setelah ia memberi selimut dan bantal ke dia, dia langsung merapikannya. Cristine merasa ia ingin mejadikan Michael sebagai anak angkatnya, cristine langsung mendaftarkan Michael di sekolah Universitas Kristiani Amerika Serikat. Setelah mendaftar Michael masuk di kelas A8, di kelas A8 Michael langsung diejek oleh teman sekelasnya dengan sebutan “BIG MIKE.” Tetapi guru di kelasnya langsung menghentikan ulah muridnya yang berada di kelas A8. Michael langsung duduk di bangku yang kosong, setelah gurunya menerangkan gurunya langsung memberikan ujian tertulis, setelah dibagikan semua murid mengerjakan termasuk Michael. Satu jam berlangsung, murid yang ada di kelas A8 ujian tertulisnya harus dikumpulkan sekarang dan langsung pulang kerumah akan tetapi Michael tidak mengerjakan ujian tertulis yang diberikan oleh gurunya tadi, ia merasa bersalah sehingga Michael duduk dibangkunya sendirian, gurunya mendatangi Michael dan ia bertanya “Mengapa kamu tidak pulang?, semua temanmu sudah pulang.” Michael menjawab “Saya belum mengerjakan ujian tertulisnya sama sekali, bu!.” Merasa kasihan gurunya meyuruh Michael pulang.

Siang harinya, ada guru yang menganalisis tentang Michael bahwa IQ Michael sangat rendah tetapi IQ pertahanan atau yang disebut “PROTECTION” sekitar melebihi orang normal hingga sembilan puluh delapan persen.

Malam harinya, Cristine mengajak Michael pergi ke pertandingan bola basket di lapangan basket sekolah. Setelah sampai ke lapangan basket sekolah, Michael terasa memiliki keluarga yang bahagia sekali, ia senang dan berdoa kepada Tuhan “Ya, Tuhantemukanlah ibuku denganku Tuhan, sehingga aku tidak sedih lagi.” Cristine langsung mengajak Michael menonton pertandingan basket anaknya yang bernama Morris dan melihat anaknya yang mejadi pemandu sorak basket yang bernama Susan, seusai melihat pertandingan  basket Morris, Michael langsung memunguti sampah yang berserakan di lapangan basket sekolah karena, pikir ia “kebersihan adalah tanggung jawab bersama.” Cristine merasa kaget mengapa anak itu memiliki perbuatan yang baik sekali dari pada anak remaja yang lain,sesampai dirumah, Cristine menyuruh Michael untuk langsung tidur dan akhirnya, Michaelpun tertidur dengan pulas. Sebenarnya Cristine merencanakan sesuatu yaitu ingin menjadikan Michael menjadi anak angkat Cristine, dan berunding kepada keluarganya termasuk Morris dan Susan, dan mereka setuju untuk menjadikan Michael anak angkat tetapi lihat kedepan Apakah Michael anak yang baik atau tidak.

Keesokan harinya, Cristine mengajak Michael pergi membeli pakaian dan sepatu baru yang akan digunakan Michael untuk sekolah. Saat itu, Cristine mau membayar pakaian dan sepatunya tiba-tiba ada pencuri yang mengambil tas Cristine, Cristinepun langsung mengejarnya tiba-tiba dihadapan pencuri itu ada Michael yang sedang melihat sepatu yang bagus. Segera, Michael langsung bersiaga dan menangkap pencuri tersebut, setelah ditangkap ia langsung membawa pencuri tersebut ke kantor polisi Cristine merasa kaget dan sepertinya cocok kalau ia dimasukkan ekstrakulikuler American Football pasti Michael akan menjadi pemain internasional yang terkenal.

Siang harinya, Cristine merencanakan untuk mendatangkan guru les privat agar Michael lebih pandai, setelah datang Michael agak terkejut karena ia merasa takut untuk mengerjakan soal tertulis. Tetapi guru les privat Michael mengajarkan, supaya Michael selalu berusaha dalam menjadi diri sendiri dan berusaha hingga mencapai kemampuan yang maksimal.

Sore haripun tiba,hari ini adalah hari yang spesial karena sekarang waktunya ulang tahun Morris. Keluarga Cristine telah menyiapkan makanan yang lezat,mereka merayakan dengan menonton American Football di TV, Cristinepun menyuruh Michael untuk mengambil makanan yang ada di meja, asik-asiknya keluarga Cristine menonton American Football di TV tetapi Michael malah makan di meja makan dan Cristinepun agak kaget Michael betul seharusnya saat merayakan sesuatu dengan makan bersama seharusnya makan di meja makan jangan makan disofa sambil nonton TV. Akhirnya Cristine menyuruh suaminya yang bernama Jack, Morris,dan Susan untuk pergi ke meja makan dan makan bersama, Cristine menyuruh Jack untuk memimpin berdoa supaya Morris panjang umur, tambah pandai dan sebagainya.

Esok harinya, Cristine mengajak Michael pergi ke lapangan American Football untuk mendaftarkan Michael dan bergabung menjadi anggota pemain American Football di sekolah Michael. Setelah mendaftar ia berlatih bagaimana bermain American Football dengan benar, akan teapi setelah diajarkan, ternyata Michael tidak bisa bermain American Football, Cristinepun mendatangi Michael dan berbicara kepada Michael untuk bermain seperti menjaga Cristine dari pencurian yang kemarin Michaelpun mengerti. Akhirnya Michael dapat bermain American Football dengan benar, sesudah bisa, pelatih bilang kepada Michael bahwa besok malam ada pertandingan uji coba yang mempertemukan sekolah kita  dengan sekolah frenfield dan pelatih menyuruh Michael untuk datang ke sekolahnya besok malam , seusai berlatih ia langsung dilatih lagi oleh Morris dari bagaimana harus menghadang pemain hingga taktik jitu untuk mendapatkan skor.

Siang harinya, Cristine mencari rumah ibunya Michael di anggota kepolisian untuk membolehkan Michael menjadi anak angkatnya, setelah dianalisis komputer ternyata rumahnya dekat dengan toko pakaian yang dibeli kemarin, kemudian Cristine mengajak Michael pergi ke rumah ibunya Michael, setelah sampai disana Michael kaget karena bertemu dengan kakaknya yang termasuk perampok bank dan penyebar narkoba. Lalu Cristine mengajak Michael pergi ke rumah ibunya Michael. “Jangan, jangan kesana aku sendirian saja yang kesana, ibu tunggu di mobil saja.” Suruh Michael ke Cristine “Kenapa, kenapa aku tunggu di mobil?, aku juga ingin bertemu dengan ibumu.” Tanya Cristine “Percayalah padaku bu, kalau aku sudah bertemu ibuku aku akan mengantar ibu menemuinya.” Jawab Michael “Baiklah.” Jawab Cristine. Setelah berbicara dengan Cristine, Michaelpun langsung ke rumah ibunya dan bertemu dengan saudaranya yang bernama Edmund. “Hei, BIG MiKEsaudaraku dari mana saja kau?” tanya Edmund “Bukan urusanmu.” Jawab Michael, setelah berbicara dengan Edmund ia langsung pergi ke rumah ibunya, sesampainya disana ia merasa gugup karena sudah bertahun-tahun tidak bertemu dengan ibunya. Setelah disana ia bertemu dengan ibunya, ibunya merasa bahagia sekali karena sudah bertahun-tahun tidak bertemu dengan Michael, setelah menceritakan apa yang Michael lakukan, sekarang menginap di rumah siapa dan lain-lain. Michaelpun langsung kembali dan menjemput Cristine yang sedang menunggu dimobil, setelah Michael menjemput Cristine yang sedang menunggu di mobil, Cristine senang akhirnya Michael bertemu dengan ibu kandungnya dan dibolehkan ibu kandungnya untuk menjadikan Michael anak angkat Cristine.

Malam haripun telah tiba, sekarang wakunya bertanding melawan sekolah frenfield Michael senang karena Michael mejadi starting line-up sekolahnya yang berada diposisi menghadang pemain lawan, sebenarnya ia masih gugup, saat pertandingan dimulai ia selalu melakukan kesalahan sehingga pelatihpun agak marah ke dia tetapi ada pemain dari sekolah frenfield yang mengejek Michael dengan kata “Hei, BIG MIKE kau adalah orang yang lemah sekali seperti ayam.” Pelatihpun marah kepada pemain frenfield tersebut dan melemparkan botol yang berisi air kepada pemain tersebut, pelatihpun mendapatkan kartu kuning yang diberi wasit sehingga, Michael melerai pertengkaran antara pelatih Michael dengan wasit dan pemain frenfield, dan Michael bilang kepada pelatih “Sabar, Coach aku pasti akan menjaga coach dan menghadang pemain frenfield tersebut.” Ujar Michael, Coach berkata “Baiklah.” Akhirnya pertandingan dimulai kembali dan Michael bisa menghadang pemain frenfield tersebut sampai ke luar lapangan American Football, itupun sampai dilihat penonton dengan tertawa terbahak-bahak karena menjatuhkan pemain sampai keluar dari lapangan, akhirnya setelah menghadang pemain frenfield beberapa kali, timnya Michaelpun menang dengan skor 53-47.

Ke esokan harinyaterdengarlah berita bahwa ada pemain yang sangat kuat menghadang pemain hingga keluar lapangan, akhirnya tim-tim besar American Football ingin merekrutnya dengan gaji yang tinggi, sebetulnya Michael ingin bermain di tim sasana California, tetapi Cristine menyuruh Michael untuk memilih tim yang agak dekat dengan sekolah Michael akhirnya tim yang paling dekat adalah tim miami lets jadi Michael memutuskanuntuk Michael memilih tim miami lets. Siangharinya guru-guru menyatakan bahwa kalau Michael ingin lulus dan mendapatkan nilai terbaik Michael harus mendapatkan nilai A sampai sepuluh kali tetapi nilai Michael hanya selalu mendapatkan nilai C. Akhirnya Michaelpun belajar dengan guru les privatnya hingga mendapatkan niai A sampai sepuluh kali. Sebulan kemudian, Michael mendapatkan nilai A tetapi hanya sampai sembilan kali yang nilai satunya lagi cuma mendapatkan nilai B ,supaya mendapatkan nilai A Michael harus menulis cerita tentang kehidupannya bagaimana supaya tidak menjadi putus asa dalam menjalani hidup. Setelah menulis ceritanya iapun mendapatkan nilai A dan lulus dengan nilai tertinggi.

Ke esokan harinya Critine merencanakan untuk membeli mobil buat Michael karena prestasi dia yang menakjubkan dan membahagiakan keluarga Cristine, Cristinepun menyuruh Michael untuk sekolah mengemudi dan mendapatkan SIM. Setelah sekolah mengemudi iapun mendapatkan SIM dengan mudah hanya kurun waktu lima hari Michael langsung mendapatkan SIM, setelah mendapatkan SIM Michaelpun dibelikan mobil oleh Cristine, setelah itu setelah mobilnya datang Michaelpun mencobanya dengan Morris. Michael dan Morris mengendarai mobil dengan bernyanyi-nyanyi sambil berjoget di kursi mobil,sehingga tidak melihat arah depannya, setelah itu Mobilnya Michael menabrak sebuah pohon yang ada didepannya yang menyebabkan kompresor mobil yang akan terkena Morris nyaris terkena. akan tetapi, Michael menghalangi kompresor yang akan terkena Morris, akhirnya Morris selamat tetapi tangan Michael terkena luka yang sangat parah ditangannya sehingga Cristine takut kalau Michael terkena apa-apa, akan begitu Cristine juga kaget mengapa Michael selalu melakukan perbuatan baik yang dapat membahagiakan orang lain dan juga yang ada di sekelilingnya.

Sepuluh tahun kemudian, tangan Michael sudah sembuh dan ia menjadi pemain berbakat di American Football  dan ia selalu menjaga keluarga Cristine, termasuk Morris, Susan, Jack, dan orang-orang disekitarnya. Michaelpun berkata kepada kita semua “Bahwa kalau engkau melakukan perbuatan baik dan membahagiakan orang lain pasti, kalian akan dibalas dengan perbuatan baik pula.”"


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.