THE MAGIC OF A DREAMER - Kumpulan Cerpen

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


THE MAGIC OF A DREAMER

By Syifa Rizki Hutagaol


""Setiap mimpi besar dimulai dengan seorang pemimpi. Ingatlah selalu, kamu memiliki di dalam dirimu kekuatan, kesabaran, dan hasrat untuk meraih bintang-bintang untuk mengubah dunia dan Untuk mencapai hal-hal besar, kita tidak hanya harus bertindak, tetapi juga bermimpi tidak hanya rencana, tapi juga percaya karena Sebuah mimpi tidak akan menjadi kenyataan melalui sihir tetapi  membutuhkan keringat, tekad dan kerja keras."" 

Sama hal nya dengan seorang gadis yang dari sejak kecil telah membuat pengharapan akan kehidupan nya kelak , yah gadis itu adalah Yandra yang sekrang telah tumbuh menjadi seorang wanita  yang cantik dan juga pintar . Dulu nya bayangannya akan kedewasaan itu membuat ia ingin berpacu dengan waktu agar cepat menjadi seorang yang dewasa . Dengan harapan dan mimpi yang dia punya ia selalu percaya bahwa "" if you have big dream , universe Will help you to the heppen ""   

Salah satu mimpi dari seorang gadis yang bahkan belum mengenal keseluruhan tentang kehidupan yang sebenarnya dan begitu luasnya alam ini , ia bertekad agar bisa pergi keluar negeri tanpa membebani kedua orang tua nya . Setiap malam nya setelah pulang dari aktivitas nya ia selalu menulis di secarik kertas tentang ia ingin pergi melihat dunia yang begitu luas yang bahkan belum pernah terpikirkan oleh nya.

"" Yandraaa"" kata sang ibu sambil berteriak dari dapur sambil menyiapkan makanan di atas meja makan .  

"" Yes mom wait "" kata Yandra 

""Cepatlah kemari kakak aku sudah sangat lapar ni "" kata Nesty adik Yandra 

""Iyah Iyah adek , yok makan "" kata Yandra 

Selesai melakukan aktivitas makan bersama keluarga Yandra , ayah nya pun pergi bekerja dan mereka pun menjalani aktivitas mereka masing masing , sementara Yandra yang kebetulan sedang libur kuliah hanya berdiam diri di rumah dengan sang ibu . 

"" Mama Yandra mau ngomong sesuatu , tapi jangan kasih tau siapa siapa dulu yah hehe takut nya kalau Yandra ngak berhasil pun jadi ngak malu karena cuma mama yang tau "". Kata Yandra sambil naik ke atas tempat tidur mama nya yang sedang membaca buku 

"" Hehe Iyah sayang , mau cerita apa "" kata sang mama dengan bersemangat

"" Dari dulu kan Yandra pengen banget keluar negeri tanpa menyusahkan mama sama ayah dan sampai dua hari kemarin Yandra masih belum menemukan caranya , tapi tiba tiba Yandra Nemu  pas buka  akun media sosial pengen coba coba berhadiah ikut event pertukaran pemuda i Asia untuk tour ke luar negeri gitu hehe , jadi Yandra daftar dan ikut segala seleksi yang mereka tentuin dan tinggal nunggu tahap terakhir ma "" 

"" Mahsyaallah bagus dong nak , tenang aja mama akan selalu ngedukung Yandra asalkan itu hal yang positif , tapi mama selalu percaya walaupun dengan keterbatasan ekonomi yang kita hadapin saat ini , insyaallah dengan keberanian mimpi dan semangat kamu yang mama lihat , pasti ada banyak jalan "" 

"" Iyah ma , makasih yah ma , semoga Yandra bisa lewatin segala tahap seleksi nya ma "" 

Dengan langkah tegas Yandra pergi ke kamar nya dengan mengunci pintu dan menangis di atas tempat tidur nya , Yandra tau mereka sekarang sedang mengalami  masalah keuangan yang cukup kritis,  tetapi yang membuat ia menangis terharu dan semakin bertekad kuat untuk bisa pergi tanpa biaya sepersen pun dari orang tua nya adalah ketika melihat senyum tulus di bibir mama nya dan sorotan mata yang begitu dalam untuk mendukung dirinya .

 Tiba lah saat nya ia menerima notice dari email nya bahwa dia dinyatakan lulus untuk event itu dan terakhir seleksi nya adalah melampirkan proposal sponsorship untuk mendukung pembiayaan keberangkatan nya .  Senang bukan main dirinya berfikir bahwa ia sudah dekat menuju impiannya bisa pergi keluar negeri , tetapi nyatanya ada sebuah tantangan besar yang harus ia lewati dengan semangat yang harus lebih kuat , dengan doa yang harus lebih sering dan dengan Sujud yang harus lebih lama.  

  Keluar lah hari dimana ia mendapatkan proposal sponsorship tersebut dari pihak panitia event tersebut  , dengan langkah tegas ia pergi kelembaga lembaga dan instansi pemerintah yang ada di kota nya , dengan menjelaskan maksud kedatangan nya dan permohonan Agar dapat menerima sponsorship nya , tidak banyak juga yang hanya mengambil proposal tsb tanpa ada tindak lanjut , rasa sedih mengalir didirinya ketika beberapa hari ia habiskan untuk pergi melampirkan proposal sponsorship nya yang bahkan belum ada yang mengkonfirmasi . Tidak jarang cemooh dari teman teman bterdekat nya menjadi tantang besar perasaan nya . 

Dengan tekad yang kuat dan semangat yang tinggi Yandra berjuang dengan melampirkan banyak sponsor lagi . pergi dari satu tempat ke tempat lain dengan membawa sebuah kepercayaan pasti , bahwa apapun langkah yang telah berani kita ambil dan kita selesaikan sampai tuntas itu adalah sebuah keberhasilan . 

  Dengan perasaan sedih dan badan yang letih Yandra pulang kerumah , sudah 2 Minggu ia pergi melampirkan proposal sponsorship nya , 

"" Yandra darimana aja "" kata mama 

"" Yandra dari instansi pemerintah dan perusahaan ma , lampirin proposal hehe "" 

"" Bagaimana nak proposal nya Uda ada yang mau Nerima ? "" Tanya sang ibu 

"" Hehe belum ma , mungkin perusahaan nya lagi sibuk dan banyak kerjaan "" jawab Yandra dengan tersenyum palsu dan hati yang rapuh 

"" Iyah ya , yaudah nak tenang aja percayain semua ke Allah yah "" jawab sang ibu 

"" Oyaudah mandi dulu sana , baru makan bareng mama oke "" 

"" Iyah ma Yandra bersih bersih dulu "" 


     Sampai lah ia di kamar yang menjadi saksi bisu segala rasa yang ia rasakan , dengan langkah gontai ia pun pergi membersihkan diri dan mengambil air wudhu untuk melaksanakan kewajiban nya kepada Tuhan yang maha esa. 

Dengan balutan mukenah dan posisi terduduk di atas sajadah nya , ia mulai berbicara kepada sang maha segala nya, meminta dan berserah diri dengan segala apa yang ia telah upayakan . Yandra memohon agar sang maha kaya membantu ia agar bisa sampai ke luar negeri dengan cara yang telah Allah atur untuk dirinya . 

Air mata bahkan sampai tubuhnya pun bergetar seolah olah menunjukan bahwa ia hanya akan berharap kepada Allah dan meletakkan segala harapnya yang tidak mungkin dan mustahil tsb . 

 Jam menunjukkan pukul 12 malam , dan ternyata ia tertidur pulas  di atas sajadah nya , iapun pergi ke ruang makan dan ternyata keluarga nya telah tertidur lelap , dengan keheningan malam ia mengisi energi nya dengan makan dan minum  . 

Keesokan paginya , jadwal untuk pembayaran segala keberangkatanpun tiba , Yandra tidak mempunyai uang sepersen pun hingga tidak jarang rasa ingin menyerah mendatangi nya tetapi dengan prinsip yang telah ia terapkan seakan menjadi alarm ketika ia ingin menyerah . Dengan  jalan Allah ia diberi sebuah keajaiban dan atas semangat serta doa yang dipanjatkan nya dengan tulus .  Ada seorang direktur yang tidak sengaja melihat proposal yang ia lampirkan di perusahaan tersebut , tetapi tidak sampai kepada direktur tersebut . Entah tergerak darimana direktur dari perusahaan Tersebut melihat dan mengkaji proposal dari yandra dan siapa sangka sang direktur pun sedang mencari seorang mahasiswi berprestasi untuk ia berikan sumbangan dana untuk menjalan program perusahaan yang telah ia lakukan setiap tahun nya . 

Di pagi hari yang cerah tetapi tidak dengan seorang gadis yang sedang berjalan jalan di taman dengan wajah yang sedih dan hati yang berkecamuk dengan keharusan ia harus merelakan mimpinya pergi keluar negeri dikarenakan tidak ada bantuan dana yang ia dapatkan . 

"" Kring kring kring "" suara ponsel Yandra 

"" Hallo selamat pagi , ini dengan saudari Yandra ? "" 

"" Selamat pagi pak , benar ini dengan saya sendiri , ada apa yah pak "" 

"" O nak Yandra , jadi begini kami dari perusahaan x memberitahukan bahwa proposal sponsorship yang anda berikan ke perusahaan kami telah di tindak lanjuti "" 

"" Alhamdulillah terimakasih pak , mohon maaf pak bagaimana tindak lanjut dari perusahaannya pak ? ""

"" Baik nak Yandra  kebetulan direktur kami ingin langsung bertemu dengan nak Yandra , boleh datang ke perusahaan kami sekarang yah "" 

"" Baik pak saya segera kesana pak , sebelumnya terimakasih banyak pak "" 


Yandra pun berlari ke dalam rumah , dengan hati yang begitu senang ia pun berganti pakaian dan pergi ke perusahaan tsb . 

Sesampainya Disana ia di tunjukkan dengan ruangan yang begitu besar dan megah yang didalam nya seorang pria paruh baya .

"" Permisi pak , ini saudari Yandra yang mengajuka proposal sponsorship tsb pak "" kata ajudan direktur tsb 

"" O baik , silahkan duduk nak "" kata direktur 

"" Baik pak terimakasih pak "" 

"" Jadi begini saya sudah pelajari proposal sponsorship milik kamu , jadi kebetulan saya memang mencari mahasiswa yang berprestasi dan mempunyai mimpi besar seperti kamu , karena saya sudah baca motivasi dan tujuan kamu yang membuat saya yakin bahwa kamu berhak mendapatkan bantuan sepenuhnya dari Perusahaan saya "" 

"" Sebelum nya Yandra berterimakasih sebanyak banyaknya kepada bapak dan perusahaan bapak yang telah memberikan saya bantuan yang saya tidak duga sebelumnya pak , saya berjanji tidak akan mengecewakan pihak perusahaan bapak "" 

"" Baiklah , nanti saya akan urus segalanya , kamu boleh keluar dan tunggu informasi selanjutnya "" 

"" Baik pak terima kasih pak "" Yandra berdiri dan menjabat tangan dari sang direktur baik hati 

Akhirnya dengan segala perjuangan , mimpi , tekad  serta doa yang tulus seorang gadis kecil yang dulunya bermimpi pergi keluar negeri dengan tidak membebani kedua orang tuanya berhasil mewujudkan mimpinya dengan keberanian serta doa yang kuat kepada sang maha pencipta .  insyaallah apapun itu jika kita telah berusaha sekuat tenaga dan berserah diri kepada sang maha pencipta ia akan memberikan hal yang tidak terduga dan jalan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelum nya , keajaiban dari doa dan semangat yang kuat telah mengantarkan Yandra kepada mimpi nya 

   ""Hidup itu penuh keindahan. Perhatikan itu. Perhatikan lebah, anak kecil, dan wajah yang tersenyum. Cium aroma hujan, dan rasakan angin. Jalani hidupmu dengan potensi penuh dan perjuangkan impianmu karena keberuntungan alam terjadi jika kesempatan bertemu dengan kemampuan ."" Said Yandra 


"


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.