Cita citaku - Kumpulan Cerpen

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


Cita Citaku 

Pencipta : Rusdita Sari


Aku adalah citra, aku anak ke tiga dari empat bersaudara, umurku 17th. Ayahku seorang wiraswasta dan ibu ku hanya ibu rumah tangga yang jualan kecil-kecilan seperti kue dirumah. Aku saat ini sedang menginjak di bangku sekolah menengah atas (SMA) jurusan IPA, dan setelah lulus aku memiliki cita cita menjadi bidan. Dan pada saat sudah lulus, aku mencoba tes masuk kebidanan di sebuah Universitas melalu jalur rapot, dan kebetulan nilai rapotku mencapai rata-rata target syarat di pendaftaran tersebut. Tapi di balik semua itu aku gagal, karena aku tidak memiliki sertifikat juara akademik maupun non-akademik. Aku pun memutuskan untuk tetap berusaha kembali melalui jalur tes, dan aku lulus hanya saja lulusnya adalah lulus cadangan. Sekali lagi aku mencoba tes terakhir, dan hasilnya aku tidak lulus. Kemudian temanku mengajakku mendaftar di universitas swasta kebidanan, hanya saja biayanya terlalu mahal, aku tau orangtuaku mampu membiayai ku untuk kuliah disitu. Tapi aku berfikir kembali, bukan hanya aku saja yang di biayain tapi kakak dan adikku juga masih di biayain. Jadi aku memutuskan untuk beralih profesi, memilih jurusan kesmas di universitas lain walaupun swasta juga, setidaknya biaya kuliah untuk profesi itu tidak terlalu mahal. Setelah aku lulus di SMA, aku pun melanjutkan kembali ke jenjang perkuliahan dengan jurusan kesmas di Universitas Muhammadiyah sampai detik ini, dari perjalanan ku meraih cita-cita ku yang sebenarnya aku belajar bahwa tidak semua yang kita inginkan itu harus tercapai. Mungkin profesi yang sesungguhnya ada di kesmas, setelah 1 semester ini aku banyak belajar. Bahwa profesi ternyata juga baik dan untuk pekerjaan nya nanti pun sangat dicari-cari oleh perusahaan dll. 

Dari cerita ku diatas, mungkin sedikit menyemangati kalian, jangan menyerah dulu sebelum mencoba. Apabila memang sudah tidak bisa cobalah profesi lain, tetap semangat bagi kalian yang mau melanjutkan sekolah ke jenjang perkuliahan."


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.