Temu untuk pisah. - Kumpulan Cerpen

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


Temu untuk pisah. 

Karya milonda


Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Kini yang tersisa hanya kenangan dan pertanyaan. Momen momen indah saat bersama hanya itu yang tersisa sebagai memori, dimana dirimu? Akan kah kau kembali? Hanya itu yang masih membersamai saat ini. 8 Juli tahun lalu adalah momen terakhir yang selalu terngiang di kepala ku. Waktu dimana ku yakini kebahagian akan dimulai saat itu, waktu dimana ku yakini semesta memihak pada ku, di mana pertemuan akan mengantarkan ku pada kisah baru, dengan ending bahagia tentunya. Hari ini adalah hari yang kita tunggu selama tiga tahun terkahir, tapi hari ini juga kita tidak bisa melewatinya ber sama-sama. Yah, hari ini adalah hari dimana kami akan di lepas oleh pihak sekolah sebagai seorang siswa. Selanjutnya kami akan menentukan langkah seterusnya mau dan harus gimana? Hari ini, hari dimana rasa sakit itu terasa lebih sakit dari biasanya. Pertemuan kita saat itu dan kehilangan mu hari ini. 

Flashback on

Selamat ulang tahun Maira, selamat bertambah usia, ucap jeje. Jeje adalah satu-satunya sahabat yang selalu ku percaya, dan tau semua tentang ku. Terimakasih banyak je. Oh ya je, tadi aku lihat kamu datang gak sendiri! Iya aku datang sama Nio. Hoo, jawab ku. ya udah kita ke depan aja yuk mai gak enak sama orang dirumah ini aku masuk kamar kamu. Ohh ya aku sampai lupa kalau kita hanya berdua disini. Ayo, ajak ku sambil menarik lengan jeje.  Dirumah mu gak ada siapa-siapa mai? Tanya jeje karena melihat tidak ada orang. Ya je, tadi pagi tumben-tumbennya kak nai mau ikut ibu ke kebun. Kalau ayah biasa lah memang setiap hari sering kekebun. Kamu kenapa gak ikut mai? Motornya gak muat kalau di naikin bertiga je. Hhhh kami tertawa bersama tanpa terkecuali nio

Oh ya mai, kenalin ini Nio dia temen aku, lebih tepatnya sih sepupu, dia anak tante adel adik kakak dari ibu ku. Hy Nio, aku Maira panggil aja mai. Hy mai, aku Nio. Kami pun berjabat tangan. Mai ikut kita yuk ke minimarket depan, kan disampingnya ada warung ntar aku traktir kamu makan bakso disana. Gimana? Boleh sih, tapi aku pergi sama siapa? Kan kamu kesini sama Nio. Tenang, kita bawa motor masing-masing kok. Iya mai, jawab Nio meyakinkan. Boleh deh, yaudah aku ambil ponsel dulu ya di kamar. Oke. Jawab jeje dan Nio bersamaan. Je, aku baru tau kamu punya sepupu cwok juga. Yang aku tau kamu cumen punye satu sepupu dari adik ayah kamu, siapa tu namanya aku lupa. Ohh, nada maksud kamu. Iya, itu nada maksud aku heheh. Saat di perjalanan kami hanya terdiam tanpa berkata apapun, Nio pun dengan setia mengekori kami dari belakang. Setelah sampai di tempat tujuan jeje langsung mengajak kami ke warung seperti yang dia janjikan tadi. Kita makan dulu ya, ehh bukannya kata kamu tadi mau ke minimarket? Nanti aja, kalau ke minimarket dulu ntar keduluan cair sampe rumah karena kita makan dulu setelahnya. Emang kamu mau beli apa? Aku mencoba menanyakan apa yang hendak di beli oleh jeje. Itu adiknya Nio tadi nitip es krim. Tadinya sih dia mau ikut tapi gak dikasih izin sama mamanya, jadi aku janjiin bawain dia es cream pulangnya. 

Yaudah yuk kita makan dulu. Ajak jeje. Aku dan Nio hanya mengekori jeje dari belakang. Kami langsung duduk di kursi paling ujung, jeje langsung menghampiri yang punya warung untuk memesan apa yang akan kami makan. Aku duduk di samping kamu aja ya Nio. Oke, silahkan mai. Oh ya mai, kamu masih sekolah atau udah kerja? Tanya Nio. Aku masih sekolah Nio, sekelas sama jeje. Oh, kamu masih SMA. Yapss. Aku membenarkan pernyataan Nio. Widihh, enak ni kayaknya. Ucap jeje saat yang punya warung menghantarkan pesanan yang tadi dia pesan. Makasih mbak, ucap ku. Kami mulai memakan bakso yang kami pesan. Mungkin karena udah kebiasaan aku memakan bakso ku sambil memainkan ponsel ku. Tidak ada kepentingan yang serius sih, hanya sekedar membaca novel online kesukaan ku. Sampai selesai makan aku masih setia dengan ponsel di depan ku. Mai kayaknya habis makan kita langsung cabut aja ya, ajak jeje. Hemm, oke je. Nio masih inget jalan yang kita lewati tadi kan? Ihh lo kenapa sih je, aku disini tu udah hampir 17 tahun massa sama jalan di kampung sendiri gak tau. Ya siapa tau aja, kamu kan anak rumahan gak pernah kemana-mana. Terdengar suara tertawa jeje puas menjahili Nio. Kalau masih inget jalan lo pulang duluan ya ntar, aku nitip es creamnya lili takut keburu cair kalau aku yang bawa, karena harus nganter Maira dulu. Oke, jawab Nio mengiyakan. 

Setelah membeli es cream untuk lili kami kembali keparkiran, Nio langsung pulang ke rumahnya dan jeje mengantar aku pulang dulu, baru kemudian nyusul Nio kerumahnya karena jeje nginep dirumah nio. Tante sama om kemana je, tumben kamu sampe nginep dirumah tante mu? Ayah sama ibu lagi keluar kota Mai. Mau ke wisuda anaknya om hanan bosnya ayah. Kamu kenapa gak ikut je? Gak enak Mai sama om hanan kalau kami sekeluarga ikut. Hoo, udah sampai aja, aku masuk dulu ya. Oke, aku mau langsung pulang juga gak enak sama tante adel aku pulangnya lama. Oke je  hati-hati ya. Mulai hari itu, aku dan Nio juga mulai berteman karena Nio sering ikut jeje main ke rumah ku atau sesekali Nio juga sering jemput aku untuk main ke rumah jeje. Mai. Hemm, why Nio? Jawab ku. Hemmm, apa ya heheh jawabnya bingung mau ngomong apa? Ihh dia yang manggil dia yang gak tau mau ngomong apa, aneh, gerutu ku dari belakang. Heheh lupa Mai tadi mau nanya apa? Tambah nya. Oh ya Nio, kamu sekolah di mana sih? Aku gak pernah liat kamu di sekolah kita. Tanya ku. Aku sekolah di STM Mai jurusan otomotif. Hoo, pantes gak pernah liat kamu di sekolah kita. Gimana mau liat Mai orang akunya gak sekolah disitu. Oh ya juga ya, kamu kalau ngomong suka benar Nio. hhh Kami tertawa bersama

Drettttt

Drettttt

Siapa sih yang nelpon. Gerutu ku. Liat dulu Mai. Nio berkata sambil meminggirkan motornya. Jeje ni nelpon, angkat aja dulu. Halo je, kenapa? Kalian dimana kok lama banget. Ni udah on the way je. Udah dijalan. Ya udah aku tunggu. Tutttt tutttt jeje memutuskan sambungan telponnya. Udah? Tanya Nio. Udah. Jawab ku. Nanya apa dia sampe nelpon? Cumen nanya udah jalan apa belum. Ohh. Nio ber de ohhh sambil memajukan kembali motornya. Setelah sampai di rumah jeje kami langsung masuk menuju halaman belakang. Jeje dan Nio main futsal bersama dan aku hanya setia memandangi dua manusia yang menjadi teman ku saat ini. 

Udah sore ni, kamu aja yang anter maira ya je. Aku harus balik. Iya deh, yang anak rumahan padahal baru jam 3. Aku balik duluan ya Mai. Ntar kamu dianter jeje pulangnya. Iya gak apa-apa Nio, Hati-hati ya. Tambah ku. Oke. Pulang duluan ya je, pamitnya pada jeje. Oke, Hati-hati bro. Siap. Nio mengangkat jempolnya tanda mengiyakan perkataan jeje. Mai aku ganti celana dulu ya, kamu tunggu aja depan. Oke je. Aku dan jeje terpisah di pintu belakang. Jeje beranjak menuju kamarnya dan aku melangkah menuju ruang tamu. Ehh tante udah pulang tan? Tanya ku sambil menyalami tangan mamanya jeje. Udah Mai, kamu sejak kapan disini? Tadi tante liat Nio keluar dari halaman belakang juga. Kalian ada kegiatan apa? Tumben Nio kesini. Gak ada kegiatan apa-apa tan cumen main aja. Kata jeje kasian Nio gak punya temen jadi jeje ajak kesini buat main sama kita. Jelas ku pada mamanya jeje. Ohh, ya Mai Nio memang hampir gak pernah keluar rumah, kalau keluar pun hanya ke sekolah. Ohh, gitu ya tan. Kamu pulang sama siapa Mai? Dianter jeje tan. Ohh, ehh baru aja diomongin udah nongol orangnya. Ya udah Maira pulang dulu ya tan! Ma aku nganter Maira pulang dulu ya? Izin jeje ke mamanya. Ya sudah hati-hati je. Iya ma. Kita pamit dulu ya tan. Tambah ku sambil menyalami tangan mamanya jeje di ikuti oleh jeje. 

Sesampainya di rumah aku langsung masuk kamar, kemudian bersih-bersih badan dan merebahkan badan di atas kasur. Gak nyangka aku ada orang seganteng Nio tapi jarang keluar rumah. Aku senyum-senyum sendiri untuk apa yang aku nyatakan pada diriku sendiri. Karena penasaran, ku raih ponsel ku, ku buka sosial media ku (instagram) ku ketikan nama Nio di tempat pencarian. Apa ini akun instagramnya Nio?tanya ku pada diri sendiri. Kayaknya sih bener, ni buktinya di ikuti oleh jeje. Follow ah. Tak lama berselang notif masuk ke ponsel ku pemberitahuan kalau Nio mulai mengikuti anda, dan menerima permintaan anda. Yess, di follback. Ucap ku kegirangan. Ting. Hy Mai. Itu kata-kata yang tertera di beranda ponsel ku. What? Nio nge dm aku. Satu pesan dari Nio mampu membuat ku senyum-senyum sendiri. Di akhir obrolan kami Nio meminta sesuatu pada ku. Boleh aku minta nomor whatsapp mu Mai? Boleh Nio jawab ku antusias. Terimakasih Mai. Sama-sama Nio, jangan lupa di whatsapp ya. Tambah ku. Oke Mai. Gak terasa aku kenal Nio udah hampir 3 bulan tapi baru hari ini kontakan sama dia. 

Hari terus berlalu, kini sudah mendekati ujian akhir semester. Aku, Nio, dan jeje masiih berteman baik. Walau kini Nio sudah jarang berkumpul dengan aku dan jeje. Je, kenapa Nio udah jarang ngumpul sama kita? Tanya ku pada jeje. Katanya lagi malas aja Mai. Kemudian aku dan jeje lebih memilih fokus pada pelajaran yang sedang di terangkan oleh guru didepan kelas. Aktifitas kami yang berbeda tidak bisa untuk membuat kami selalu bersama. Jeje yang hobby main futsal, selalu latihan futsal tiap sore, terkadang aku dan Nio selalu menemani jeje untuk sekedar latihan. Tapi walau berteman sampai saat ini aku tak pernah tau apa hobby nio. Sore itu selesai menemani jeje latihan futsal, jeje dan Nio milih pergi ke minimarket dulu untuk membeli keperluan mereka. dan aku memilih untuk pulang duluan. Mai, gak apa-apa pulang sendiri? Tanya Nio. Gak apa-apa Nio. Kalau tidak kamu ikut kita aja ya? Ajak Nio. Aku mau langsung pulang aja Nio. Kamu sama jeje aja ya ke minimarket nya. Yakin gak apa-apa? Udah biasa kali Nio, udah ah jangan merasa gak enak gitu. Aku duluan ya, pamit ku pada Nio. 

Maira mana Nio? Tanya jeje pada Nio yang baru selesai ganti baju. Pulang duluan je. Tadinya aku ajak ikut tapi dia gak mau. Ohh, ya udah. motor kamu ada dimana? Tanya Nio pada jeje. Motor ku ada diparkiran belakang, nya udah aku tunggu di gerbang ya? Setelah 5 menit berlalu jeje muncul dengan mengendarai motornya, mereka langsung berlalu meninggalkan tempat latihan menuju minimarket. Setelah sampai di parkir, ting suara ponsel Nio berbunyi. Maira udah sampai rumah katanya, ucap Nio pada jeje. Ehh, sejak kapan lo sama Maira tukeran nomor whatsapp? Kita temenan udah 3 bulan ya je, massa nomor ponsel Maira aku gak punya. Kan aku sering jemput dia buat nemenin kamu latihan futsal. Jelas Nio pada jeje. Ohh iya juga ya. Hehh dasar pikun. Nio. Memukul lembut kepala jeje dengan botol mineral bekas minumannya? Sakit bambang ucap jeje sambil membalas pukulan nio. Ahhh sakit, teriak Nio. Alah lebai, ucap jeje. Akhhh, sakit je. Tambah Nio. Ehh kamu gak kenapa-kenapa kan Nio? Tanya jeje khawatir. Kita langsung pulang aja ya? Ajak jeje. Hhhhhh. Kemudian Nio tertawa terbahak-bahak. Ahh, kamu mah becanda nya gak lucu, jeje mendahului Nio dengan raut wajah masih khawatir dan dengan wajah kesal. Maaf je, becanda. Tapi gak lucu Nio. Ya udah maaf. Jangan ngambek ya, Nio merangkul jeje dari belakang. Setelah selesai membeli kebutuhan yang mereka cari Nio dan jeje duduk di kursi depan minimarket. Emangnya masih sering terasa sakit ya Nio? Tanya jeje. Beberapa kali sih akhir ini sering terasa sakit. Jawab Nio. Tapi, tante tau kan? Tanya jeje lagi. Ya tau lah, gimana sih lo, karena setiap sakit itu datang, aku selalu dianter pulang ke rumah sama temen-temen aku di sekolah. Kemudian mereka diam, dan memutuskan untuk pulang kerumah masing-masing. 

Ya itulah salah satu alasan Nio jarang keluar rumah. Mamanya gak percaya karena takut penyakit Nio kambuh. Nio menderita kanker otak sejak duduk di kelas 1 SMA. Sejak itu Nio jarang keluar rumah karena takut sakit dibagian kepala Nio menyerang sewaktu-waktu. Tapi, dengan pengobatan yang tidak penah berhenti di usahakan oleh ayah dan ibunya Nio, keadaan Nio sedikit membaik, sel kankernya tidak menyebar dengan cepat. Dan ibunya Nio sedikit memberi kebebasan untuk Nio keluar rumah dengan syarat harus keluar dengan jeje atau anggota keluarga lainnya. Aku dan Nio sekarang begitu dekat, aku merasa nyaman dengan Nio karena dia orangnya baik sama seperti jeje. Itu kenapa aku merasa nyaman berteman dengan keduanya. Walau pertanyaan sering terdengar di telinga ku. Apa tidak takut main sama anak cwok apalagi aku cwek sendiri diantara kami? Tapi aku percaya pada mereka, mereka orang baik dan bahkan sangat baik menurut ku. Ayah dan ibu juga sudah kenal sama mereka terutama jeje teman ku semenjak kelas 3 SMP. Kami saling mengenal cukup lama, tapi tidak pernah ada niat untuk merubah status pertemanan kami. Kami saling nyaman dengan status kami saat ini, walau perasaan teman itu tidak aku rasakan pada Nio. Aku merasakan perasaan lebih dari hanya sekedar teman pada Nio. Tapi aku takut akan merusak pertemanan ini jika aku berharap lebih padanya. 

Udah kelas 3 aja ya kita sekarang.  Tutur jeje saat kami sedang makan bersama di kantin sekolah. Iya, ya je. Aku membenarkan pernyataan jeje. Rasanya baru kemaren masuk SMA udah kelas 3 aja. Tambah ku. Hemm, pulang sekolah kita main kerumah Nio yuk Mai. Ajak jeje. Hemm, boleh je tapi aku izin sama ibu dulu ya. Oke deh, ntar aku jemput ya sekalian aku minta izin sama tante ajak kamu main kerumah Nio. Oke deh. Jawab ku. Satu tahun sudah aku mengenal dan berteman dengan Nio, tapi baru hari ini aku tau tentang Nio, tentang penyakitnya. Hy tan, sapa jeje pada mamanya Nio saat sedang menyiram taman dihalaman depan. Ehh ada Maira, jawab mamanya Nio tanpa membalas sapaan jeje. Ahh tante kebiasaan, cwek aja disambut dengan lembut, giliran jeje yang nyapa gak di hiraukan. Protes jeje pada tente adel mamanya Nio. Alah je, biasanya kamu main nyelonong aja udah kayak maling. Jawab mamanya Nio sambil tertawa. Nio udah pulng tan? Tanya jeje. Udah je tadi jam 10 dianter sama temannya, sekarang ada dikamarnya. Masuk aja langsung. Titah mamanya Nio. Oke tan, yuk Mai. Ajak jeje. Sepanjang perjalanan menuju kamar Nio aku bertanya-tanya pada diriku sendiri kenapa Nio pulang cepet banget? Ah mungkin lagi demam mungkin. Tebak ku. 

Setelah tiba di depan pintu kamar Nio jeje membuka perlahan pintu kamar Nio. Saat pintu terbuka lebar aku terkejut melihat selang infus melekat ditangan kanan Nio. Nio demam tinggi kayaknya sampai harus di infus. Tebak ku lagi dan lagi. Jeje mengajak ku masuk ke dalam dan duduk. Jeje duduk di pinggir kasur Nio dan aku duduk di kursi belajar Nio. Nio sakit apa je kok sampe di infus? Tanya ku. Nio gak pernah cerita sama kamu? Jeje bertanya balik bukannya menjawab pertanyaan ku. Ya elah aku kan nanya je! Protes ku. Tapi Nio emang gak pernah cerita apa-apa sih tambah ku. Aku dan jeje menatap wajah tenang Nio yang sedang terbaring dengan selang infus menusuk ditangannya. Jeje memalingkan wajahnya pada aku dan mulai menceritakan tentang nio. Nio didiagnosa menginap kanker otak saysaat masih duduk di kelas 1 sekolah menengah atas. Dan karena itu dia tidak pernah keluar rumah karena tante gak mengizinkannya. Tante takut saat diluar saat sendirian sakit dibagian kepala Nio menyerang. Dan gak ada yang tau dan menolong dia. 

Aku hanya diam, tak tau harus menjawab apa. Kayak nya Nio gak bisa kita ajak main hari ini. Kita pamit aja yuk, ajak jeje. Nio juga harus istirahat. Tambahnya. Aku hanye mengekori jeje untuk pamitan sama mamanya Nio. Tanpa berkata apapun. Jam makan malam kami telah berkumpul di meja makan. Bentar lagi udah mau ujian akhir Mai, jangan lupa belajar. Titah ayah, dan ibu saat kami menyelesaikan makan malam. Iya yah, bu. Jawab ku. Denger tu jangan kerjaannya main terus. Tambah kak naira. Ihh kakak apaan sih. Aku beranjak menuju kamar ku. Sampai dikamar aku mulai merebah kan badan ku diatas kasur. Tapi ada benarnya juga kata ayah dan ibu! Bentar lagi ujian akhir aku harus belajar. Ku urungkan niat ku untuk langsung berkelana di alam mimpi ku. Ku gapai satu persatu buku dan mulai ku baca. Jam sudah menunjukan pukul sembilan lewat tiga puluh menit. Ku selesaikan bacaan ku, dan ku rebahkan badan ku diatas kasur untuk segera istirahat. 

Satu minggu lagi udah mulai ujian Mai. Ucap jeje. Iya je, gak nyangka aku. Kami tersenyum bersama. Dua minggu berlalu ujian akhir sudah selesai tinggal menunggu hasil. Aku, jeje dan Nio masih berteman seperti biasa. Seperti kata ku pertama kali tidak ada niat untuk kami merubah segalanya, merubah status pertemanan kami. Setelah menyelesaikan semua tugas akhir kami pun diliburkan dan mencari-cari info tentang pendidikan selanjutnya. Satu bulan sudah berlalu, satu minggu lagi adalah hari perpisahan kami dan pelepasan kami sebagai siswa dan juga pengumuman kelulusan. Aku, jeje, dan Nio yakin seratus persen lulus semua. Untuk itu aku, jeje dan Nio mengunjungi butik untuk membeli pakaian yang akan kami kenakan saat kelulusan nanti. Nio dan jeje membeli kemeja berwana hitam dan aku memilih kebaya modern berwarna silver. Oke, tinggal menunggu hari H ucap Nio antusias. Siap melangkah, tambah ku. Siap dongss. Jawab kami bersama. 

Tak terasa 3 hari lagi wisuda pelepasan. Di pagi hari aku mendapat telpon dari jeje, kami diselimuti rasa duka mendalam, bagaimana tidak baru dua hari lalu kami pergi untuk membeli kebutuhan wisuda nanti. Tapi hari ini kami harus menelan pahitnya perpisahan. Yah, Nio telah berpulang karena penyakit yang di deritanya. Nio dinyatakan telah meninggal dunia setelah azan subuh berkumandang. Nio menghembuskan nafas terakhir setelah satu hari dirawat di rumah sakit. Aku jatuh tersungkur duduk dengan posisi bersender disamping tempat tidur. Rasanya seperti tidak percaya. Acara pemakaman sudah selesai, semua orang sudah kembali kerumah masing-masing. Tinggal lah aku, jeje, mama dan papa alm. Nio dan keluarga lainnya. Setelah semua selesai ku putuskan untuk pulang kerumah diantar sama jeje. Menjelang sore, aku sudah bersiap dengan pakaian berduka ku, Ayah dan ibu juga ikut bersama ku untuk mengunjungi rumah mama dan papanya alm Nio untuk acara yasinan. Aku duduk termenung di taman belakang, tempat biasa aku, jeje dan Nio berkumpul. Jeje menghampiri ku dan merangkul ku untuk menguatkan. Lusa adalah hari wisuda sekaligus pelepasan kita sebagai siswa je, tapi kita harus lebih dulu melepas Nio untuk selamanya. Tutur ku sambil menunjukkan kepala. Sudah lah Mai, Nio sudah tenang disana, dia sudah tidak merakasan sakit lagi. Ucap jeje menguatkan. 

Flashback off

Sakit rasanya karena harus kehilangan seseorang yang ku rasa spesial saat ini. Dan juga harus kehilangan sosok teman sekaligus sahabat seperjuangan dan sepermainan. Sakit harus merindukan seseorang yang tidak lagi bisa untuk bertemu. Rangkaian kegiatan telah selesai, jeje menghampiri ku yang duduk termenung didepan kelas. Boneka panda bertoga, hadiah dari jeje untuk ku. Terimakasih je, ucap ku tak bersemangat. Sama-sama Mai. Yuk kesana fota bersama teman-teman yang lain. Ku raih boneka dari tangan jeje, ku angkat tubuhku perlahan dengan kaki sebagai tumpuan. Selamat wisuda Nio, selamat telah berhasil menjadi lulusan terbaik di sekolah mu. Yang tenang ya disana, aku dan jeje tetap mencintai kamu sebagai sahabat. Dan aku menyayangi mu lebih dari seorang sahabat. Miss you rangga parastio ferdinio. Selesai"


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.