LOMBA CIPTA PUISI NASIONAL @LOMBATERUPDATE X @INFOLOMBAPUISI DEADLINE 14 OKTOBER 2021

Serunya kegiatan perpustakaan keliling

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


 "Serunya kegiatan perpustakaan keliling

~Dimas Fahreza~


Namaku Dimas Fahreza,biasa dipanggil mas,umur ku 17 tahun.Aku adalah salah satu dari sekian banyak anggota organisasi kemanusiaan dibidang pendidikan, Namanya Lapak Buku Bergerak. Kami biasanya keliling desa desa untuk mengajak masyarakat membaca,bahkan kami juga mengajari anak anak yang belum bisa membaca, berhitung,dan sebagainya.


Organisasi kami memiliki moto""bacalah buku dengan tenang sampai hatimu tentram"".kami membuat organisasi ini karena kami sadar bahwa sekarang Indonesia mengalami yang namanya Krisis Membaca,menurut UNESCO,minat baca masyarakat Indonesia hanya sekitar 0,001% yang artinya dari 1000 orang hanya 1 orang yang memiliki minat baca yang tinggi.


Suatu malam kami berdiskusi tentang dimanakah tempat yang akan kami kunjungi nanti, pembicaraan dimulai dariku selaku moderator.


Dimas: assalamualaikum semuanya.

Teman teman: waalaikumsalam.(serentak)

Diskusi pun dimulai,semuanya memberikan saran masing masing sampai kami menemukan lokasi yang sesuai.

                                Mirza: bagaimana kalau kita pergi ke tempat yang memiliki aspek pendidikan yang kurang

Dimas dan teman teman:setuju.(serentak menjawab)


Keesokan harinya kami mulai berkumpul dari markas,bersama sama kami mulai bergerak ke daerah yang kami tuju.Desa Adolina adalah tujuan kami, perjalanan yang jauh cukup menguras energi kami,namun kami tetap semangat menjalani nya.Sesampainya disana kami meminta izin terlebih dahulu ke kelapa desa setempat.Aku memulai duluan masuk ke dalam kantor.

Dimas: assalamualaikum,permisi pak.

Kepala Desa: waalaikumsalam,iya ada apa nak.

Dimas:jadi begini pak kami dari organisasi kemanusiaan dibidang pendidikan yaitu Perpustakaan keliling ingin meminta izin ke bapak untuk menggelar lapak buku didesa bapak.

Kepala Desa:oh begitu,bagus itu nak bapak izinkan, silahkan kalian mengelar lapak dimana saja asal tidak menggangu pengguna jalan.(senang)

Dimas:Baik pak,terima kasih ya pak.

Kepala Desa:Iya sama sama nak.


Setelah meminta izin kamipun bergerak mencari lokasi yang pas untuk menggelar buku buku bacaan,ketika sampai di lokasi ternyata kami disambut baik oleh masyarakat sekitar yang mungkin penasaran dengan kedatangan kami.Kami pun segera menjelaskan maksud dan tujuan kami datang.Mirza sebagai pendiri organisasi ini pun segera menjelaskannya.

Mirza: assalamualaikum bapak ibu dan anak anak sekalian

Masyarakat: waalaikumsalam,baik.(bersamaan)

Mirza: baik akan saya jelaskan maksud kedatangan kami disini yaa...

Masyarakat:iyaaaaaaa.(serentak)

Mirza: kedatangan kami disini adalah untuk mengajak bapak, ibu,teman teman dan adik adik sekalian untuk membaca buku yang kami sediakan.

Selagi Mirza menjelaskan aku dan teman teman yang lain bersiap siap untuk menggelar buku buku bacaan agar terlihat rapi dan menarik saat hendak dibaca nanti nya.

Mirza:ada yang mau ditanyakan?

Indra(warga):apakah hanya membaca buku doang kak?.

Mirza: pertanyaan yang bagus sekali,kami tidak hanya membaca buku,kami juga akan mengajak adik adik membaca bagi yang belum bisa membaca, berhitung bagi yang belum bisa berhitung,dan satu lagi kami akan ajak adik adik sekalian memainkan permainan agar tidak bosan.

Mirza:ada lagi yang ingin bertanya?

Agus(warga): apakah ini berbayar?

Mirza: tentu saja tidak,ini semua GRATIS,kami dari organisasi kemanusiaan sukarela mengajak dan mengajak saudara saudari sekalian.

Mirza: adalagi yang ingin bertanya?,jika tidak akan kita mulai acara kita ini, gimana sudah siapkah???

Masyarakat:siaaaapppp.(bersamaan)

Acara berlangsung ramai,nampak terlihat raut wajah bahagia dan senang dari anak anak yang kami ajak bermain.Seru sekali acara kami kali ini,tidak hanya anak anak saja yang ikut berpartisipasi,melainkan orang tua mereka juga.Dan tak terasa kami sudah berada diujung hari saja,karena hari mulai memasuki masa malam kamipun bergegas membereskan semuanya, masyarakat yang senang dengan kegiatan kami mengajak kami untuk sering sering kesini,dan kamipun mengiyakan nya.

Kepala Desa yang menyaksikan kegiatan kami pun berkomentar""Desa kami sangat 


terbantu dengan adanya perpustakaan keliling ini, masyarakat terutama anak anak yang merasakan dampak positif nya, sekarang saya melihat anak anak didesa saya lebih minat untuk membaca buku daripada memainkan internet"".


Karena hari mulai gelap kami meminta izin ke kepala Desa untuk pulang, sesampai kami di markas kami berdiskusi hangat tentang kegiatan hari ini,dan benar saja hampir semua dari kami puas akan hari ini, sangat seru sekali perpustakaan keliling kali ini.Kamipun tak lupa memposting dokumentasi kegiatan kami tadi.


Tak berselang lama kami ikut kaget bahwa Kepala Dinas Perpustakaan Serdang Bedagai ingin berdonasi buku untuk kami.""Organisasi ini sangatlah bagus, masyarakat merasa terbantu dengan adanya perpustakaan keliling,terlebih lagi anak anak"" tutur kedinper.


Perpustakaan keliling kami menyediakan kurang lebih 300 buku bacaan.Mulai dari Novel, Cerita pendek,Dongeng, Sejarah,Ilmu pengetahuan,dan lain sebagainya.Cukup banyak bagi organisasi kemanusiaan dibidang pendidikan yang baru saja dimulai.Donasi dari bapak Kepala Dinas Perpustakaan Serdang Bedagai sangat sangat membahagiakan kami semua,kami mengira usaha kami berjalan dengan baik.


Orang bijak pernah berkata""bacalah buku sampai titik sehingga kamu tau akan endingnya jika kamu membaca sampai koma kamu akan kehilangan arti penting yang ada didalamnya"".Jika kamu ingin tau akan dunia buka dan bacalah buku.


Kami berharap dengan banyaknya organisasi kemanusiaan dibidang pendidikan terutama perpustakaan keliling membuat minat baca masyarakat terutama dari sektor anak anak yang nantinya akan membuat generasi muda penerus bangsa dan berguna bagi negara."


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.