Dari Kehilangan Aku Banyak Belajar - Kumpulan Cerpen

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


Dari Kehilangan Aku Banyak Belajar


Aku benci malam, aku benci suasana malam. Gelap, sunyi, sepi, dan yang paling menyebalkan aku trauma dengan malam. Karna malam sudah merusak hari bahagiaku. Seharusnya di malam itu aku bahagia, tapi aku salah, orang itu sudah merusak nya!! 

Bruk, pintu kamar terbuka sangat kencang. Anak gadis itu langsung membanting tubuh nya ke kasur sembari menangis. 

""Kenapa sih hah.. Orang itu tuh muncul terus, aghhh benciiiiiiiiiiiii. Hiks"" Gumam anak gadis itu. 

Tok tok tok. ""Boleh ayah masuk?"" Ucap lelaki di balik pintu. 

""Masuk aja yah"" Jawab anak gadis. ""Sofia masih sedih ya, yang sabar nak. Ayah paham gimana perasaan kamu sekarang."" Lelaki itu ayah dari anak gadis yang sedang menangis. Dia mencoba terus menenangkan anak nya. Sesekali sambil mengusap kepala anak nya itu. 

Semua berawal dari sebuah kehilangan, dipatahkan oleh kenyataan, dan di buat hancur oleh situasi. Aku sofia, anak gadis yang baru berusia 17 tahun. Di hari ulang tahun ku seharusnya aku bahagia. Namun nyatanya tidak, orang yang paling saya benci hadir di acara ulang tahunku kemarin, aku bingung sebenarnya siapa yang mengundang dia. Apa dia di ajak oleh ibu ku?? 

Yaa, orang yang aku benci adalah suami baru ibuku. Mereka menikah sekitar sepuluh tahun yang lalu. Ibu mempunyai anak dari suami barunya, dan dia adik tiri ku. Tapi sampai kapanpun  aku tidak akan pernah menganggap dia itu adik, karena papa dia adalah orang yang paling aku benci di dunia ini, dan orang itu sudah berhasil merebut ibu dari ayah ku. 

Aku tidak tau apa alasan yang jelas mengapa ibu dan ayah ku berpisah, tapii ibu selalu bilang waktu dulu itu ""kamu masih kecil sayang, gak bakalan paham masalah orang dewasa. Tugas kamu sekarang giat belajar, banggain keluarga"" Itu yang selalu ibu bilang kepada ku. Menurut ku kalimat ini tuh udah basi banget. Sekarang aku sudah dewasa nyatanya sampai sekarang pun  aku tidak tau alasan  mengapa mereka berpisah. 


Ke esokan harinya. 

Di ruang tamu. 

""Eh Sya lama lama otak gue pecah, banyak banget sih ni tugas yang harus gue selesain."" Hufs keluh Sofia karna hampir satu pekan dia gak masuk sekolah, karena harus ikut ayah nya ke luar kota. 

""Yaelah.. Cuma 9 tugas doang fiaa.. Kan lo pinter yaudah jangan banyak ngomel, lebay banget sih lo"" Jawab keisya sembari memainkan HP nya. ""Eh btw gue laper, ada makanan gak di dapur lo"" lanjut Keisya. 

""Sahabat nya lagi kesusahan kek gini sempet sempetnya pengen makan, liat aja di dapur biasanya ayah suka masak"" Suruh Sofia. 

Gak 5 menit Keisya datang membawa piring yang berisi nasi beserta lauk pauknya. 

""Eh fia masakan ayah lo enak banget , betah banget gue lama lama disini. Terus tadi gue liat kulkas ada kue gitu.. Enak kayanya.. Nanti abis makan gue mau nyobain kue nya yah.. Boleh kannn"" Keisya yang bicara padahal di mulutnya penuh makanan. Dasar rakus. 

Sofia mendengar pernyataan Keisya yang seperti itu langsung menghentikan tugas pelajaran nya. 

""Kue itu.. Kue pemberian ibu di hari ulang tahun kemarin.. Awalnya gue tuh ngerayain cuma berdua bareng ayah.. Tapii tiba tiba ibu datang bawa kue, sayang nya ibu datang sama laki laki yang gue benci.. Alhasil gue pulang duluan, males banget gue lama lama di sana.. Yaa walaupun nyatanya gue kangen banget sama ibu"" Jawab Sofia yang langsung menyenderkan punggung nya di sofa. Keisya langsung menyimpan makanan nya, dan berusaha membuat sahabat nya itu kembaii bangkit. 

""Maaf yaa, gara gara gue, lo jadi keinget kejadian itu. Gue gak maksud bikin lo sedih, lo yang sabar yahh""

""Gak papa ko, gue cuman kasian aja sama ayah dia tuh hampir sepuluh tahun kerja cuman buat gue hidup layak. Gak serba kekurangan.. Kadang kasian sama ayah, pengen gitu rasanya cepet cepet keluar sekolah biar gue aja yang kerja. Ayah udah berhasil jadi ayah sekaligus ibu buat gue. Seriusan nih ya, gue kangen banget suasana rumah yang adem, humoris, gue kangen keluarga gue yang dulu. Apalagi sama syifa, gue kangen banget sama dia.. Kita kira dia udah masuk surga belum yah"" Keluh Sofia yang lagi lagi dia rindu keluarga nya yang dulu. 

Syifa adalah adik Sofia yang telah wafat di usianya yang masih muda. Syifa meninggal di usianya yang baru menginjak  4 tahun. Kaka beradik ini hanya berbeda 3 tahun, tapii setelah meninggalnya syifa beberapa bulan kemudian ibu memilih bercerai dari ayah. 

""Sabar ya fii, gue jadi sedih deh.. Ayah lo kuat kok demi lo, gue bingung mau ngomong apaan lagii.. Yaa tugas lo sekarang lo harus lebih rajin lagi belajar nya.. Saran gue nih yaa lo gak boleh benci ibu lo... "" Tiba tiba omongan keisya di potong. 

""Gue gak benci ibu gue yaa.. Gue cuman benci suami baru ibu gue""

""Astagfirullah Sofiaaaaa.... Gue lama lama kesel yah sama lo, gue tuh belum selesai ngomong.. Maksud gue tuh lo perlahan harus bisa nerima kondisi ibu lo yang sekarang. Oke gue paham lo benci sama papa tiri lo. Tapi bukan berarti lo ikut gak suka juga sama ibu yang udah ngandung lo, sama adik tiri lo juga.. Itu si Fatir masih kecil fiaaa, masih bocil belum tau apa apa.. Gue tau kok, gue tau dari ayah lo kalo lo itu pernah bilang lo gak sudi punya adik tiri kaya si Fatir ya kan?? Ayo dong sadar fiaa lo dah gede, umur udah 17 taun tapi pemikiran lo itu cuma sekedar benci benci sama benci. Tanpa ibu lo, lo gak bakalan ada di dunia ini.. Dahlah gue mau pulang aja makasih buat makanan nya. Semoga lo cepet sadar ya fia bayyy. "" Penjelasan Keisya yang di lontarkan dengan sedikit kesal karena sahabat nya itu gak pernah bisa mau Terima kenyataan nya. Padahal kejadian nya udah lama, tapiii yang ada di pikiran dia cuma benci dan kesel. Seakan akan dia gak bisa Terima takdir yang udah di atur sama Tuhan. 


Sofia yang kini di tinggal sahabat nya itu malah nangis sejadi jadinya. Di rumah dia sendiri tidak ada siapa siapa, nangis pun dia tanggung sendiri tanpa ada yang menenangkan bahkan menemani. 

""Yaa alloh, fiaa sadar fia salah. Maafin fia yang masih belum bisa Terima takdir darimu.. Ini semua sudah kehendak mu,, fia gak seharusnya ngejauh dari ibu, benci sama papa, bahkan gak suka sama Fahri,, maafin fiiaa buu.. Buu..hiks hiks  Fiia kangen sama ibuu. . Fiaa kangen pelukan ibuu.. Buu hiksss (kedua tangan yang menutupi wajah nya karena air mata sudah jatuh saling bergantian) buu.. Ka.. Nge.. Nnn"" Ungkapan isi hati Sofia yang masih berusaha menghentikan air matanya. 

Tiba tiba.. 

""Ibu sayang sama kamu nak""

Wajah fiaa yang masih tertutupi kedua  tangan itu terkejut dengan suara di dekat pintu, dia berfikir kalo sekarang dia lagi berhalu sinasi kalo seakan akan ibu nya emang ada di dekat dia. Tapiii... 

""Nak, ibu ada di sini""


Refleks Sofia langsung melihat ke arah pintu dan ternyata dia sedang tidak berhalusinasi tapi emang kenyataannya ibu Sofia datang bersama Fatir, adik tiri Sofia. Sofia langsung lari ke arah pintu dan memeluk erat ibunya namun tangis nya semakin pecah. 

""Bu.. Uuu.. Maafin kaka.. Ka... ka banyak salah sama ibu, papa, dan..... Aa.. Dik""

""Kita duduk dulu yuk, gak enak di liat tetangga"" Ucap ibu sembari mengelus ngelus punggung anak pertama nya . 

Usia Fatir masih 6 tahun, tahun depan dia udah masuk sekolah dasar. Tapii dia pinter banget. 

""Kaka, kaka kenapa nangis... Kaka pengen ecim yaaa.. Yuk beyiiii.... Fatir temenyinnn.. Ayuu kakakkkkkkkkkk"" Aja kan Fatir yang menggemaskan. 

Sofia yang menangis pun langsung tersenyum, dan segera menghapus air matanya.

""Enggak.. Kaka gak mau eskrim .. Hha.. Kaka cuma pengen di peluk ibuu.. Oh ya ibu ada apa kesini??? Tumben"" Tanya Sofia

""Emang kenapa?? Ibu cuma kangen aja sama kaka.. Ibu kesini karna di kasih tau sama Keisya katanya kaka lagi sedih banget.. Kaka kenapa cerita sama ibu? "" Bertanya dengan penuh ke khawatir an. 

""Gak kok,, kaka gak kenapa napa Buu.. Ya biasalah kaka semenjak cuman berdua sama ayah kaka sering kepikiran sama ibuu.. Hidup kaka sepi banget tanpa ibu, kaka kangen di masakin ibuu,, di siapin baju smaa ibu... Kasian ayah buu, semua ayah lakuin sendiri sebelum pergi ke toko. Dari mulai masak, cuci baju, nyetrika beres beres rumah semua ayah yang kerjain, kaka paling bantu sedikit sedikit.. Karna ayah bilang kaka gak boleh capek capek kaka harus fokus sama sekolah"" Semua keluh kesah keluar dari mulut Sofia. 

""Fatir sayang kamu pergi ke kamar kaka dulu yah"" Ucap ibu. 

""Ok buuu"" Jawaban anak mungil itu.




""Ibu paham gimana keadaan kaka, maafin ibu karna udah ninggalin kaka di usia yang masih muda. Tapi ibu bangga kaka lebih dewasa, lebih mandiri, lebih cantik tentunya. Berarti ayah jaga kaka dengan baik banget yah"" Ungakapan ibu sambil tersenyum

""Iyaa Buu adik di jaga baik banget sama ayah,, baikkkk banget.. Buu maafin kaka yah kaka sadar kaka salah"" Jawab Sofia sambil tertunduk. 

""Hey, kaka gak salah.. Ibuu sama papa udah maafin kamu, kamu gak usah ngerasa bersalah gitu. Ibu sama ayah dulu pisah pun itu demi kebaikan kita semua sayang.. Yaudah mulai kedepan nya kita perbaikin lagi yah hubungan kekeluargaan nya.."" Jawab ibuu sambil memegang dagu Putri cantiknya . 

""Iya Buu.. Nanti malem kita diner yukk di cafe favorit kaka, kita kumpul semuanya"" Jawab Sofia dengan semangat. 

""Eummm.. Ok. Boleh sayang.. I love you kakak"" Bibir ibu yang melengkung dengan hati yang sangat bahagia. 

""I love you too Buu"" 







TAMAT-_"


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.