LOMBA CIPTA PUISI NASIONAL @LOMBATERUPDATE X @INFOLOMBAPUISI DEADLINE 14 OKTOBER 2021

4 Orang Sahabatku

 










Selamat datang di Lintang Indonesia. Di bawah ini adalah salah satu cerpen dari peserta Lomba Cipta Cerpen Tingkat Nasional Net 24 Jam. Cerpen ini lolos seleksi pendaftaran dan dibukukan ke dalam buku yang berjudul,"Sebuah Cerita Tentang Kepergian". Klik link di bawah ini untuk informasi lomba: 

https://www.net24jam.com/2021/10/lomba-cipta-cerpen-tingkat-nasional-net.html


Selamat Menikmati Cerpen di bawah ini:


 "4 Orang Sahabatku

Di hari yang senja ketika aku sedang bermain- main di jalan rumahku,kulihat ada beberapa jenis kendaraan pengangkut barat yang berhenti di sebuah rumah sewa.Aku melihatnya dari jauh dan ternyata bakalan ada pendatang rumah baru itu segera aku langsung melihatnya dan penasaran siapakah yang baru pindah dan akan menempati rumah kosong itu,waktu aku lihat tukang angkut nya masih mengangkat barang dan dimasukkan ke dalam rumah setelah itu muncullah orang tua yang tidak lain dari kawan ku,setelah keluar orang tuanya kulihat 1 anak yang keluar yaitu seorang perempuan yang begitu indah parasnya dan aku sangat senang melihatnya awalnya aku lihat dia,dia masih merasa malu malu.

Hari pun berlanjut ketika itu aku membawa  temanku yang juga sahabatku yaitu Zaki dengan niat ingin berteman dengan perempuan itu,dan akhirnya kami menjumpai dia yang sedang duduk di lapangan kami pun menyapanya aku bilang “kamu yang 2 hari lalu pindah di gg pendidikan yah?” terus perempuan itu bilang “iyah,kok tau?” terus aku pun bilang “yah namanya kita satu lorong,makanya aku disini untuk berteman dengan mu”dengan perasaan yang luar biasa antara malu dan senang ketika berbicara dengan perempuan itu.

Setelah banyak percakapan akhirnya aku berani mengenalkan diri “Perkenalkan namaku Rizky”dengan perasaan malu perempuan itu bilang “namaku feby salam kenal yah” “iyah hehe” dan disitulah awal pertemanan kami.

Keesokkan harinya aku berangkat sekolah yang ada di seberang jalan saat itu aku sama  kawanku bergerak ke sekolah dan disaat pertengahan jalan kulihat ada 2 perempuan yang sama menuju sekolah dan saat kulihat ternyata dia perempuan yang semalam si feby aku pun jadi senang ternyata satu sekolah sama ku dan kawanku juga senang dan kami sampai ke sekolah aku pun masuk ke kelasku sementara perempuan itu masuk ke kantor untuk pengurusan,waktu berlalu ketika aku sedang belajar pelajaran bahasa Indonesia dari arah jenela kulihat ibu kepala sekolah membawa seorang perempuan dan ibu itu berbelok masuk ke kelas ku dan yang dibawanya rupanya si feby dan dia sekelas bersamaku aku senang dan dia duduk di bagian belakang bersamaku.

Hari berlalu,saat itu feby mendapatkan kawan kelas yang setia dengannya namanya Laila,dan aku gak tau ketika aku sedang mengerjakan tugas dia datang sama laila dan dia bilang “Rizky,perkenalkan ini kawanku namanya laila semoga kita selalu sama yah” aku dengan malu menjawab “oh iyah salam kenal laila”dan dimulai lah pertemanan kami berempat yaitu aku,Feby,Laila,Zaki.

Ketika aku pulang sekolah aku dan temanku berniat untuk mampir sebentar di taman kota dan sekalian mengerjakan tugas kami pun mulai menuju kesana dengan berjalan kaki,akhirnya kami sampai di taman saat di taman kami mulai mengerjakan tugas aku saat itu sedang mengerjakan tugas tiba tiba aku teringat bahwa aku harus kerumah untuk urusan penting akhirnya aku izin pamit walaupun saat itu aku gak bisa ninggalkan mereka tapi kek mana di rumah pun juga harus dipentingkan saat itu menjelang sore.

Keesokkan harinya aku mulai bersekolah seperti biasa dan saat itu aku gak sengaja jumpa buku di bawah kursi saat aku lihat rupanya itu adalah buku harian feby dan aku gak sengaja lihat tanggal lahirnya dan aku gak baca selanjutnya,setelah itu aku beri ke feby dan aku bilang “Feb,ini buku harianmu ketinggalan” dengan perasaan ragu dia bilang “makasih rizky”karena dia berpikir aku membaca bukunya.Dan hari sekolah seperti biasa dengan 3 temanku.

Di tanggal 15 aku dan 2 kawanku berniat untuk memberikan sebuah surprise di sekolah karena saat itu feby ulang tahun aku pun sudah merencanakan dengan kawan kelas akhirnya setelah dia masuk kelas kami mulai berkata “Happy Birthday Feby” dengan serontak dia sangat senang dan dia tidak bias berkata apa apa dan hanya tersenyum sambil nangis aku dan 2 temanku memberikan sebuah kado yaitu sebuah buku kenangan.

Di saat di rumah feby membacanya dia pun merasa senang dan bahagia,akupun juga berpikir pasti dia sangat senang.Besoknya kami sekolah seperti biasa setelah pulang sekolah aku kerumah feby dengan niat mengerjakan tugas dirumahnya dan ketika mengerjakan tugas datang lah zaki dan laila untuk dengan tujuan yang sama,kami berempat mengerjakan tugas dan feby ke dapur sebentar untuk memberikan minuman kepada kami.Setelah selesai kami pun santai di lapangan untuk menghirup udara segar karena sudah siap mengerjakan tugas,aku sangat menikmati momen itu dan zaki mengeluarkan hp nya dari saku dia bilang “yok foto-foto”akhirnya kami foto foto walau saat itu gayanya masih kuno tapi kami senang dengan bukti foto persahabatan kami hehehe…..

Dan pada pada akhir ini aku lihat semakin jarang feby datang ke kelas dan jarang jumpa samaku,sudah absen sebanyak 10 hari aku pun khawatir apakah dia sedang sakit atau bagaimana karena tidak ada kabar sedikitpun,setelah pulang sekolah kami berniat untuk kerumah feby mencari tau kabar dia saat kami memanggil feby rupanya orang tua feby dirumah dia bilang “Nak,Feby lagi sakit dia sedang di rumah sakit” sontak aku merasa kaget dan kawanku juga khawatir aku pun menanya alamat rumah sakitnya rupanya tidak jauh dari jalan rumahku hanya beda beda kelurahan aku pun kesana sama temanku menggunakan angkutan umum,sesampai sana kami meminta bantuan kepada suster untuk mencari kamar feby saat kami melihat rupanya feby sudah dalam kondisi baik kami pun masuk tapi tidak terlalu banyak orang dan kami berempat mewakilkan sebagai sahabatnya dan aku melihatnya sontak sedih kami bertanya “Kau kenapa feb??” feby dengan perasaan takut menjawab “Aku sakit biasa aja kok” saat itu aku sih gak meraguinya dan kami sedih karena melihat dia sakit setelah itu datang orang tuanya untuk menjenguk dan disaat itulah aku mulai sering menjenguk feby.

Feby akhirnya mulai bersekolah dan kami merasa senang karena dia bersekolah lagi,dan pelajaran seperti biasa dan di jam istirahat saat kami duduk aku lihat muka feby begitu sedih terus aku Tanya “Feby kau kenapa” terus feby bilang dengan mengusap air matanya “Gak papa kok rizky” aku pun merasa ragu karena ada apa dengan dia terus aku bilang “Serius feby ada apa kalau ada masalah cerita sini sama kami?” Terus feby jawab “gak papa kok udah aman itu wkwk” ekspresi dia berubah menjadi senang.

Hari berlalu dan pada semester 2 kami akan melakukan ujian kenaikkan kelas pada 6 hari ujian,aku dan 3 temanku seperti biasa sebelum melakukan ujian harus belajar bareng dan cari cari tau soal dari ujian kelas lain.Dan hari pertama ujian saat itu aku masih bingung karena hari pertama saat itu matematika dan aku hanya sepengetahuan aku mengisinya dan setelah matematika kami ujian Bahasa Indonesia walau kadang enak aku tetap serius dengan ujiannya agar mendapatkan nilai baik.

Dan begitu seterusnya sampai hari ke enam ujian kami terakhir,saat itu pelajaran terakhir yaitu IPS dan Bahasa Inggris yah pada akhir akhir ini aku lupa untuk belajar karena semalam aku ketiduran dan 3 temanku masih fokus pada ujiannya.

Disaat pembagian rapot kenaikkan kelas aku dipanggil dan kulihat aku naik kelas aku sangat senang saat itu dan bahagia karena 3 temanku juga naik kelas tapi masih satu yang aku ragukan kenapa feby gak datang saat pembagian rapot kenaikkan kelas,jadi wali kelas memberikan rapot feby ke aku,aku bilang sama 2 temanku “Nanti kita kerumah feby yok?” zaki dan laila bilang “ayok”. Dan setelah pulang sekolah kami kerumah feby memberikan kabar gembira ini.

Kami bertiga menuju kerumah feby dan saat kami melihat rumah feby tertulis di pintunya “RUMAH INI DISEWAKAN” sontak aku kaget dan mencari tau dimana dia pindah terus hp zaki berdering dan itu adalah telepon dari feby terus kulihat zaki dan feby bertelepon dan pada saat akhir kulihat zaki menangis dia bilang “Dia pindah di kota lain ” akhirnya kami merasa sedih dan menerima kepergian dia kami berharap dia bisa kesini lagi walaupun hanya bisa bertelepon.GOOD BYE FEBY……

"


Previous
Next Post »

EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.